Masjid Islamic Center Samarinda

Masjid Islamic Center Samarinda

Masjid Islamic Center Samarinda

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,selamat pagi, di pagi yang cerah ini dan keadaan yang sehat walafiat. Oke, di artikel ini masih membahas di seputar masjid-masjid di wilayah indonesia. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas sebuah masjid yang yang terletak diSamarinda.

Lokasi Masjid Samarinda

Masjid islamic center samarinda adalah masjid yang terletak di kelurahan teluk lerong ulu kota samarinda kalimantan timur. yang merupakan masjid termegah dan terbesar kedua di asia tenggara setelah masjid istiqlal dengan latar depan berupa tepian sungai mahakam masjid ini memiliki menara dan kubah besar yang berdiri tegak.

masjid ini memiliki luas bangunan utama 43, 500 m2. Luas lantai basement 10, 235 m2. sementara lantai dasar masjid seluas 10270 M2 dante utama seluas 8185 meter persegi sedangkan luas lantai mezzanine atau balkan adalah 5290 m2 di lokasi ini sebelumnya merupakan lahan bekas areal penggergajian kayu milik pt inhutani 1 yang kemudian dibagikan kepada pemerintah provinsi kalimantan timur.

Arsitektur Masjid

Bangunan masjid ini memiliki sebanyak 7 menara di mana menara utama setinggi 99 meter yang bermakna asmaul husna atau nama allah yang jumlahnya 99. menara utama itu terdiri atas bangunan 15 lantai masing-masing nanti setinggi 6 m. sementara itu, anak tangga dari lantai dasar menuju tante utama masjid jumlahnya sebanyak 33 anak tangga. jumlah ini sengaja disamakan dengan sepertiga jumlah biji tasbih.

selain menara utama pembangunan ini juga memiliki 6 menara di bagian sisi masjid. dari menara tersebut empat di setiap sudut masjid setinggi 70 meter dan dua menara di bagian pintu gerbang setinggi 57 meter. enam menara ini juga bermakna sebagai enam rukun. pembangunan masjid islamic center ini diharapkan dapat membangkitkan semangat kebersamaan dalam upaya menghadapi era global selain merupakan tuntutan masyarakat untuk samarinda memiliki sebuah sarana tempat ibadah yang memadai.

proyek masjid islamic center samarinda ini didanai oleh apbd pemerintahan provinsi kalimantan timur di bawah gubernur kalimantan timur yaitu suwarno abdul fattah yang menjabat saat itu. proses perencanaan yang melibatkan konsultan perencanaan arsitektur pt. anggara architeam perencanaan struktur pt estetika rencana m&e oleh pt meco systech internusa dan perencanaan estetika biro arsitektur achmad noeman konsultan pengawas yang mengawasi jalannya pembangunan di cs kaltim dipercayakan kepada pt.

adiya widyajasa sedangkan pelaksanaan pembangunannya dipercayakan kepada kontraktor pt. total bangun persada tbk. Setiap harinya masjid islamic center samarinda ini dikunjungi oleh para wisatawan atau berziarah yang mampir untuk beribadah ataupun beristirahat sejenak menikmati suasana di lingkungan sekitar masjid tersebut. Dari gerbang utama, saya berjalan menyusuri selasar masjid tidak saya menjumpai ratusan kolom berbentuk melengkung seperti tapal kuda.

Design Masjid

mulai dari selasar yang terbentang dari sisi timur utara hingga sisi selatan bangunan utama masjid hingga gerbang dan menara utama yang terhubung ke bangunan utama masjid bentuk tapal kuda tersebut sangat mencerminkan arsitektur islam yang dikenal sebagai arsitektur daya morris yang banyak ditemukan oleh bangunan masjid cordoba spanyol. interior dan material finishing selasar penghubung terlihat sangat indah. rasanya saya tidak ingin berhenti mengayun langkah diatas lantai keramik nya yang dibordir dengan granit. berada diantara ratusan kolom yang dilapisi cat tekstur halus dengan 4 kolom dari batu alam australia saya seolah melihat adanya ruang yang tak berujung. kekaguman saya terus berlanjut saat menatap plafon selasar yang terbuat dari kayu nyatoh pelapis cat melamine keindahan pasarkan memikat ketika dilihat pada malam hari karena lampu lapis kuningan yang menempel pada dinding sisi dalam selasar koma memancarkan pendar warna kekuningan yang melahirkan kesan romantis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *